Jatim Trip #1 : Batu’s Jatim Park 2!


Liburan awal tahun kali ini, saya dan keluarga jalan – jalan ke Jawa Timur Men! Kami sekeluarga berangkat dengan menggunakan Kereta Api dari Bandung ke Malang, dan spot pertama yang kami kunjungi adalah Kota Wisata Batu!

Kota Batu ini gila men bener bener wisata abis! Pertama kali masuk aja, plang selamat datangnya tulisannya “Selamat Datang di Kota Wisata Batu” dan itu berarti kota ini memang dirancang khusus untuk wisata. Setelah dilihat – lihat, alun – alunnya pun punya bianglala dan ini menunjukkan kalau Kota Batu emang kota wisata abis. Ada banyak sekali destinasi wisata di Kota Batu dan yang terkenal dari sini adalah Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Eco Park), Batu Night Spectacular, Selecta, Kusuma Agrowisata, dan kalau kalian liat di sepanjang jalanan Kota Batu itu dipenuhi dengan spanduk, banner, dan plang – plang yang menunjukkan kawasan wisata.

Hari ini tanggal 11 Januari 2014, dan kami sekeluarga sudah tiba di Kota Malang dari jam set8 pagi. Setelah bersih – bersih dan sarapan di Hotel Ibis Style Malang, kami langsung meluncur dengan mobil rentalan plus supir menuju Jatim Park 2!

[Museum Satwa]

SONY DSC

Dalam museum satwa inii, kita akan diperlihatkan dan diperkenalkan berbagai jenis hewan yang sudah diawetkan dan tidak hidup dan hewan – hewan ini nyata!

Pertama kali kita masuk kedalam, kita akan dikejutkan dengan replika fossil dinosaurus dan disana ada Stegosaurus, Tyranosaurus, Apatasaurus, dan Triceratops. Di sekelilingnya pun banyak hewan – hewan yang di awetkan dengan visualisasi yang sangat menarik. Hewan hewan di Museum ini datang dari berbagai benua, bahkan semua benua pun memliki wakil hewannya di Museum Satwa ini. Selain bisa melihat hewan – hewan, kita juga bisa belajar dari Museum ini karena di setiap display hewan selalu disediakan informasi mengenai hewan tersebut di atas atau di bawahnya.

Setelah ruangan utama tadi, kini kita akan masuk kedalam sebuah insectarium raksasa yang di dalamnya ada berbagai jenis seranggga dari berbagai belahan dunia dan berbagai species, mulai dari kelabang, semut, kalajengking, belalang, kupu – kupu, ngengat, kumbang, dan segala hal tentang serangga ada disini! tapi tenang aja ko serangganya udah diawetkan dan mereka ga bergerak.

Keluar dari Insectarium saya kira udah beres dan ternyata waaw masih banyak lagi hewan – hewan di belakang sana, kali ini ada fossil fossil lalu hewan di daerah bersalju, dan masih banyak lagi macam macam hewan keren yang sudah dibekukan dan divisualisasikan agar kita bisa menikmati scene – scene tertentu dari para hewan dan tentunya kita bisa mendapat banyak pengetahuan dan informasi dari museum ini. Dan jujur, ini adalah museum terbaik yang pernah saya kunjungi di Indonesia!

[Batu Secret Zoo]

Batu Secret Zoo menurut saya adalah kebun binatang terbaik yang pernah ada di Indonesia, why? Karena pertama, terdapat banyak sekali species hewan dari berbagai belahan dunia dan berbagai famili, dan mungkin ini merupakan kebun binatang dengan koleksi hewan paling banyak. Kedua, kebun binatang ini dibuat sebuah rute yang dimana semua pengunjung dapat merasakan dan melihat atraksinya secara keseluruhan. Ketiga ini diklaim merupakan kebun binatang modern pertama di Indonesia. dan Keempat, kebun binatang ini didesain semenarik mungkin dan disediakan berbagai macam fasilitas untuk mendapatkan pengetahuan mengenai hewan – hewan yang ada di Batu Secret Zoo.

Batu Secret Zoo A

Di area ini, berbagai macam hewan terdapat disini, mulai dari tikus raksasa, lemur dari berbagai belahan dunia, monyet dan kera, kura – kura raksasa, kanguru, unta, berang – berang, kasuari, racoon, Ilama, sampai Chipmunks! Ohiya sebelum masuk ke area ini, kita akan melewati sebuah pintu untuk mensterilkan badan kita dari bakteri yang mungkin menjadi penyakit bagi para hewan.

Nocturnal dan Aquarium

Nocturnal berarti hidup di malam hari dan area ini memang dirancang khusus untuk hewan – hewan yang hidup di malam hari sehingga area ini gelap sekali, untuk foto – foto pun dilarang menggunakan blitz. Selain hewan – hewan malam, disini terdapat koleksi macam – macam ikan dan hewan air lainnya! mulai dari salamander dan katak, ikan – ikan, sampai hiu dan belut listrik!

Savannah dan Pasar Afrika

Keluar dari kegelapan aquarium, sekarang kita menuju ke Padang Savannah Afrika! Pertama – tama kami ditakjubkan oleh banyak sekali burung flamingo, lalu melihat jaguar juga (masih heran kenapa jaguar ada di area savanna) dan masuklah kami ke sebuah lorong kaca dimana kanan kirinya ada dua area yang cukup besar dan disana terdapat macam – macam hewan savannah seperti wildebeest, gazelle, antelope, zebra, dan rusa! dan uniknya hewan – hewan tersebut dibiarkan berinteraksi tanpa pagar per species dan kawasan ini dibuat sama seperti savannah di Afrika hanya saja lebih kecil.

Setelah itu ada pasar afrika dimana hewan – hewan afrika yang lebih kecil disimpan disini, dan dalam kandang yang kecil juga. Ada banyak hewan – hewan seperti burung – burung lalu tupai dan monyet, lalu ada gajah juga di dekat sini! tapi gajah sumatera sih.

Fantasy Land

Disini adalah wahana tempat dimana banyak sekali atraksi untuk dinaiki! mulai dari happy land untuk anak – anak kecil, lalu ada fantasy land dan ada adventure land. Banyak sekali permainan disini tapi saya ga naik banyak – banyak sih, ohiya disini ada kolam renang kecil juga! Disini juga terdapat food court untuk anda yang kelaparan haha

gak jauh dari fantasy land masih ada wahana – wahana seperti foto bersama orang utan lalu naik andong dan macem – macem dah.

River Adventure

Di river adventure, kita akan disambut oleh kapal nabi nuh hahaha lalu disini diperlihatkan beberapa hewan yang di sungai, jadi kita akan jalan kaya semacam skywalk gitu terus di kiri kanan ada kolam kolam berisi burung pelikan, siamang, dan monyet – monyet yang tinggal di pulau tengah kolam. Lalu kita juga akan bertemu dengan hewan – hewan savannah lagi tapi yang ini exclusive karena mereka dikandangkan per species, mungkin karena ada beberapa yang bahaya seperti hyena, jerapah, dan banteng. Ada juga hewan lainnya disini seperti beruang! lalu ada kuda yang keren dan stylish banget tapi lupa speciesnya apa, lalu ada banteng texas yang tanduknya keren itu.

Tiger Land

Serba harimau, mulai dari bengal tiger, siberian tiger, white tiger, golden tiger, sampai white lion dan gold lion ada disini dan bahkan kita bisa memancing singa! waw! ohiya ada pesan – pesan dari tiger land ini yaitu mengenai perburuan harimau dan harimau yang sekarang menjadi hewan yang terancam punah.

Biaya Masuk Jatim Park 2 :

Rp 100.000,00 include Museum Satwa – Batu Secret Zoo

Rp 120.000,00 include Museum Satwa – Batu Secret Zoo – Eco Park

Bonus kupon makan Rp 15.000,00 untuk makan di dalem batu secret zoo

Jatim Trip Index :

#1 Batu’s Jatim Park 2!

#2 Nikmatnya Makan Malam Diiringi Kroncongan di Inggil Resto & Museum

#3 Bromo : Ini di Indonesia?

#4 Wangi Tembakau di House of Sampoerna, Surabaya

#5 Gak Boleh Pake Celana Pendek di Masjid Sunan Ampel

#6 Jalan – Jalan di Madura (bonus: Lontong Kupang)

 

10 responses to “Jatim Trip #1 : Batu’s Jatim Park 2!

  1. Ping-balik: Jatim Trip #2 : Nikmatnya Makan Malam Diiringi Musik Kroncong di Inggil Resto & Museum | Traveling Somewhere Out There·

  2. Ping-balik: Jatim Trip #3 : Bromo; Ini di Indonesia? | Traveling Somewhere Out There·

  3. Ping-balik: Jatim Trip #4 : Wangi Tembakau di House of Sampoerna | Traveling Somewhere Out There·

  4. Ping-balik: Jatim Trip #5 : Gak Boleh Pake Celana Pendek di Masjid Sunan Ampel! | Traveling Somewhere Out There·

  5. Ping-balik: Jatim Trip #6 : Jalan – Jalan di Madura (bonus: Lontong Kupang) | Traveling Somewhere Out There·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s