Jatim Trip #5 : Gak Boleh Pake Celana Pendek di Masjid Sunan Ampel!


Bagi masyarakat muslim, nama Sunan Ampel pasti sudah gak asing lagi kan?! Yap dia adalah satu dari 9 wali songo yang mana Wali Songo ini adalah agen – agen penyebar Agama Islam di Pulau Jawa! Dan setelah dari House of Sampoerna, kami akan menuju sebuah Masjid dan Makam dimana Sunan Ampel dimakamkan. Letak Masjid Ampel ini katanya sih masuk kawasan Kampung Arab.

13 Januari 2014

Kita turun di pinggir jalan dimana ada sebuah gapura yang menuliskan “Makam R. Rachmattulloh (Sunan Ampel)”, setelah gapura itu ada sebuah jalan kecil yang lebih tepatnya semacam gang yaang isinya pedagang semua! jadi berasa pasar ajaa disini segala macem ada, mulai dari makanan sampe minuman, baju dan kaos, baju muslim, dan hal – hal aneh lainnya. Suasana semakin “Kampung Arab” ketika ada yang menyetel lagu – lagu islami gitu jadi kerasa banget kampung arabnya.

SONY DSC SONY DSC

Tiba lah kami di sebuah masjid yang gak megah – megah amat tapi memang terlihat udah tua sih, kita masuk kedalem dan melihat interior mesjidnya daan sebenernya biasa aja siih cuma mesjid gitu doang buat solat. Tapii yang keren disini adalaah banyak banget pintu mengelilingi masjid ini juga di dalemnya banyak pilar pilar penyanggga mesjid dan di pilar-pilarnya itu disimpan Al-Qur’an mulai dari yang udah lusuh sampe yang masih baru.

SONY DSC SONY DSC

Setelah itu kita keluar dan coba mau liat makam Sunan Ampel yang ada di belakang masjid. Nah sebelum ke makam, ada papan pengumuman gitu yang tulisannya “Pengunjung pada kawasan ini dimohon berpakaian secara Islami” waah men gua pake celana pendek nih, tapi awalnya cuek – cuek aja kan cuma mau liat dari luar doang nih. Tapi setelah jalan beberapa langkah, datang seorang penjual keresek gitu dateng menghampiri saya

“Mas, gak boleh pake celana pendek mas kalau mau ke dalam”, saya masih cuek – cuek aja disitu dan setelah beberapa langkah berikutnya datang lagi seseorang “Mas, kalau mau ke dalem, pinjem sarung aja di Kantor sana” wah karena udah banyak yg ngingetin dan jadi gak enak juga. Saya langsung ke kantor dan minjem sarung lalu masuk ke kawasan Makam Sunan Ampel. Sayangnya kita gaboleh memfoto makamnya euy jadi cuma liat – liat di dalem sambil ada yg baca doa gitu.

SONY DSC

Jatim Trip Index :

#1 Batu’s Jatim Park 2!

#2 Nikmatnya Makan Malam Diiringi Kroncongan di Inggil Resto & Museum

#3 Bromo : Ini di Indonesia?

#4 Wangi Tembakau di House of Sampoerna, Surabaya

#5 Gak Boleh Pake Celana Pendek di Masjid Sunan Ampel

#6 Jalan – Jalan di Madura (bonus: Lontong Kupang)

9 responses to “Jatim Trip #5 : Gak Boleh Pake Celana Pendek di Masjid Sunan Ampel!

  1. Ping-balik: Jatim Trip #4 : Wangi Tembakau di House of Sampoerna | Traveling Somewhere Out There·

  2. Ping-balik: Jatim Trip #3 : Bromo; Ini di Indonesia? | Traveling Somewhere Out There·

  3. Ping-balik: Jatim Trip #2 : Nikmatnya Makan Malam Diiringi Musik Kroncong di Inggil Resto & Museum | Traveling Somewhere Out There·

  4. Ping-balik: Jatim Trip #1 : Batu’s Jatim Park 2! | Traveling Somewhere Out There·

  5. Ping-balik: Jatim Trip #6 : Jalan – Jalan di Madura (bonus: Lontong Kupang) | Traveling Somewhere Out There·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s